Untung dan Rugi Menjadi Seorang Dropshipper

Keuntungan merupakan hal yang utama dari metode jual-beli dropshipper karena Anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk persediaan produk. Lain dengan sistem perdagangan tradisional yang mengharuskan Anda menyediakan produk dan memerlukan modal yang cukup besar. Metode bisnis online laiknya good.biz.id ini memungkinkan Anda menjual produk tanpa perlu membeli produk. Anda bisa membeli produk sesudah pelanggan melakukan pembayaran. Bahkan Anda bisa menawarkan berbagai jenis produk untuk konsumen potensial tanpa perlu biaya dari supplier.

good.biz.id

Melihat hal itu tentu akan membuat Anda makin senang berkecimpung di dunia bisnis tanpa mengeluarkan banyak modal. Keuntungan menjadi seorang dropship adalah mudah dijalankan karena Anda tidak akan berurusan dengan produk fisik. Melalui metode ini, Anda bisa menjual produk apa saja dan tidak harus memikirkan ihwal:

  • Soal proses penyimpanan barang sehingga membuat Anda harus menyediakan tempat yang aman.
  • Melakukan pengemasan dan pengiriman setiap produk yang diinginkan konsumen.
  • Risiko yang terjadi karena Anda membayar barang sesudah terjalin kesepakatan dengan konsumen.

Bicara tentang keuntungan menjadi dropshipping kiranya tidak lengkap kalau tidak membeberkan kekurangan seorang dripshipping. Jika dilihat secara sederhana, menjalankan bisnis dropshipping acap sulit karena daya saing yang tinggi karena dropship ini adalah bisnis yang sangat mudah. Tentu banyak orang yang memilih menjadi dropship sebagai alternatif bisnis online.

Kekurangan lain seorang dropshi adalah banyaknya dropship yang membuka toko dengan pasang harga barang/produk semurah-murahnya dengan margin yang rendah juga. Tentu saja hal ini akan membuat pelanggan bakal berpikir dan membandingkan harga di antara dropship lainnya. Siapa yang tak ingin mendapatkan harga murah dari jenis produk yang serupa? Maka dari itu, Anda harus melakukan riset kompetisi produk untuk menghindari persaingan bisnis yang tidak menyehatkan.

Masih ada kekurangan menjadi dropship, yaitu terjadi kesalahan pengiriman produk dari supplier ke konsumen, maka Andalah yang bertanggung jawab ke konsumen tersebut. Bahkan kalau produk yang Anda tawarkan mempunyai kualitas yang berbeda dengan foto, maka akan membuat reputasi toko online Anda memburuk.

Itulah penjelasan singkat tentang untung dan rugi menjadi seorang dropship. Semoga penjelasan kali ini memberikan angin segar untuk Anda yang ingin berkecimpung di dunia bisnis. Sekian dan tetap kunjungi Good.Biz.Id untuk infromasi bisnis lainnya.

About The Author