Pentingnya Memperhatikan Kondisi dan Tekanan pada Ban

Ban merupakan salah satu bagian penting yang memungkinkan sebuah kendaraan untuk berpindah tempat dengan gaya yang lebih ringan. Meskipun fungsinya sangat vital, tak jarang orang yang cuek dengan kondisinya. Pemeriksaan hanya dilakukan hanya saat terasa ada masalah saja, meskipun kadang terlambat menyadarinya.

Dealer Mobil Honda

Fungsi Utama Ban Sehingga Penting Memperhatikan Tekanannya

Mengapa memperhatikan tekanan angin dalam ban menjadi hal yang penting dilakukan? Dalam hal ini, dealer mobil Honda mengajak Anda untuk terlebih dahulu memahami apa saja fungsi dari ban;

Menopang bobot mobil; sebuah mobil bisa saja memiliki berat hingga 1,6 ton. Tekanan angin yang cukup di dalam ban akan membantu ban untuk menopang bobot tersebut.

Meredam benturan ; tekanan di dalam ban juga dapat berfungsi sebagai pegas yang meredam getaran ketika mobil melintasi jalan yang tidak rata.

Meneruskan fraksi dan gaya rem ; mengandalkan gaya gesek serta momentum antara permukaan jalan dengan telapaknya, ban juga menjadi pencengkeram.

Merubah arah laju kendaraan ; ban mengikuti perubahan dari batang kemudi sesuai arah yang dimaksud pengemudi.

Anda bisa membayangkan jika berbagai fungsi tersebut tidak bekerja sebagaimana mestinya, bukan? Inilah alasan mengapa kondisi ban dan tekanan angin di dalamnya sebaiknya selalu diperhatikan secara konsisten. Terlebih lagi, kontak antara ban dengan permukaan jalan yang menjadi salah satu kunci keamanan dan keselamatan ini hanyalah seluas lebar batu bata merah saja.

Ban yang memiliki tekanan kurang membuat tapak ban ke permukaan jalan semakin lebar, membuat gaya gesek semakin besar, dan semakin membebani mesin yang berakibat pada bahan bakar yang boros. Selain itu, ada juga berpengaruh pada pengendalian mobil.

Kelebihan tekanan memiliki resiko lain yang tak kalah berbahaya. Dalam kondisi jangka panjang, ban yang memanas lebih rawan meletus. Selain itu, keausan ban menjadi tidak rata, dalam hal ini bagian tengah ban akan lebi cepat aus sebab lebih banyak menerima gesekan daripada bidang terluar dan dalam.

Hal lain yang juga sering diingatkan oleh dealer mobil Honda adalah tekanan angin dalam ban bisa berkurang dipengaruhi oleh banyak hal. Maka dari itu, hanya pemeriksaan secara rutin dan konsisten yang dapat dilakukan sebelum menambahkan tekanan atau tidak.

Kesesuaian tekanan ban seperti yang direkomendasikan pabrikan ini umumnya bisa dilihat di pintu depan sebelah kanan yang posisinya ada di bawah jok ataupun pilar pintu milik pengemudi. Ada pula yang mencetaknya berbeda untuk ukuran ban depan dan belakang.

About The Author