Cara Memasang Handel Pemindah Dari Listrik PLN Menuju Ke Mesin Genset

Posted on

Cara Memasang Handel Pemindah Dari Listrik PLN Menuju Ke Mesin Genset

Jual Genset – Bagaimana sih cara instalasi listrik dari mesin genset dan PLN dengan memakai handel manual? Lalu bagaimana pula cara yang baik dan benar memasang kable handel sebagai pemindah listrik dari listrik PLN ke mesin genset yang ada di rumah atau gedung?.

Untuk Anda yang memakai listrik PLN serta memiliki mesin genset di dalam rumah, tentu akan memakai handel untuk membantu memindahkan listrik PLN menuju mesin genset, lantas bagaimana sih cara yang tepat memasang handel itu?

Pada dasarnya, listrik yang menyala di rumah kita asalnya dari listrik PLN, jika tidak ada PLN maka kita akan diselimuti dengan kegelapan terutama di malam hari, namun sebagian orang yang memiliki genset sendiri di rumah, bisa memanfatkan energy listrik seterusnya meskipun listrik PLN mati.

Handel pemindah energy listrik dari sumber PLN menuju ke mesin genset akan dipasang supaya listrik yang asalnya dari PLN tidak crushing sehingga menyebabkan korsleting listrik, mengingat energy listrik yang asalnya dari PLN serta genset mempunyai perbedaan besaran tegangan.

Cara Memasang Handel Pemisah Genset dan Listrik PLN

Sebelum memulai aktivitas pemasangan handel serta kabel-kabelnya, hal utama yang perlu Anda lakukan tidak lain adalah memadamkan arus listrik utama baik dari PLN atau dari mesin genset. Pada handel setidaknya terdapat 3 bagian pemasangan kabel yang tiap-tiapnya terdiri dari 2-3 baut terminal, di sini Anda bisa memasang 2 kabel saja, sedangkan satu baut cukup dibiarkan kosong dan bisa digunakan apabila terminal lainnya mengalami kerusakan, namun bila satu kabel sengaja dipindahkan, maka secara otomatis kabel lain mesti dipindahkan pula untuk kemudian disejajarkan.

Bagian baut terminat kabel bisa kita temukan di barisan tengah berfungsi untuk proses pemasangan kabel listrik ke instalasi listrik di dalam rumah. Sedangkan bagian baut dari terminal kabel yang berada persis di atas dan bawah bisa dipakai untuk memasang kabel listrik dari PLN menuju mesin genset, Anda pun bisa memasang kabel listrik PLN tepat di bagian atasnya lalu kabel dari mesin genset di bagian bawahnya maupun sebaiknya.

Cek sekali lagiĀ  pemasangan kabel sejajar di antara kabel netral dan kabel fasa dari tiap bagiannya, bila di bagian tengah dari terminal sengaja dipasang posisi kabel fasa berada di kanan dan netral di kiri, begitu pun dengan kabel terminal yang ditunjukan untuk fasa serta nteral dari PLN atau mesin genset.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *