Tips Merawat Karpet Khusus Untuk Masjid

Tips Merawat Karpet Khusus Untuk Masjid

Posted on

Ketika Anda ditanya barang apa yang mencirikan suatu masjid, sudah pasti Anda akan mengatakan karpet masjid. Bersamaan toa dan mimbar, barang yang satu ini akan sering Anda temui hampir di setiap masjid. Hal ini bukan tidak beralasan, namun karena cara sholat memang mengharuskan muslim untuk bersujud, sehingga harus menggunakan alas agar tidak langsung ke lantai yang keras.

Namun karena karpet masjid dipakai banyak orang secara bergantian, maka memang lebih mudah kotor. Hal ini sering kali disebabkan oleh orang yang berlalu lalang menginjak karpet masjid yang seharusnya untuk sujud, terutama karpet bagian belakang. Bahkan sekarang di kota-kota besar seperti Depok sudah bukan lagi yang banyak yang jual karpet masjid di Depok, namun juga sudah banyak yang membuka jasa cuci karpet masjid. Jika Anda merupakan pengurus masjid, ada beberapa hal yang harus diperhatikan

  1. Tempatkan keset

Karpet memang mudah kotor, terutama karena letaknya yang d bawah dan sering diinjak. Hal ini diperparah jika yang menginjak adalah jamaah yang wudhunya tidak bersih saat membasuh kaki menyebabkan kotoran kaki malah menjadi basah dan menempel di karpet. Hal ini menjadikan adanya keset sangat penting agar jamaah menginjak karpet dengan kakai yang kering. Anda dapat memasang beberapa keset pada jalur tempat wudhu hingga masuk masjid sehingga telapak kaki jamaah dijamin kering dan bersih.

  1. Segera bersihkan jika ada noda yang menempel

Setiap setelah ada sholat jamaah lima waktu, sempatkanlah memeriksa karpet masjid untuk memantau jika ada noda yang sangat mencolok. Jika ada noda jangan dibersihkan dengan cara digosok karena akan merusak bahan dan menyebarkan noda. Cobalah dengan uap panas maka uap akan melunakkan noda tersebut sehingga bersihnya lebih cepat.

  1. Gunakan vakum

Anda dapat melakukan perawatan harian dengan vakum. Cara ini terutama untuk debu ataupun noda yang kering atau tidak lengket karena meskipun tidak lengket akan sulit dibersihkan jika menyangkut di sela-sela bulu kain. Cara ini juga sangat disarankan untuk masjid yang luas karena akan sangat menyita waktu untuk perawatan manual.

  1. Gunakan ramuan untuk noda karpet

Jika ada noda yang tertinggal pada karpet Anda bisa mencoba beberapa ramuan alami. Beberapa bahan yang biasa digunakan untuk membersihkan noda karpet adalah campuran jus lemon, air, aram dan cuka yang sudah diaduk rata kemudian disemprotkan menggunakan botol semprot seperti model parfum ke arah noda karpet. Setelah disemprot diamkan beberapa saat kemudian bersihkan noda. Ramuan ini berperan dalam membantu mengangkat noda, oleh karena itu tetap harus dibersihkan manual.

  1. Cuci dan jemur secara rutin

Meskipun Anda rajin merawat karpet, mencuci karpet secara rutin tetaplah suatu keharusan. Hal ini dikarenakan bagaimanapun debu kotoran di udara akan jatuh dan mengendap di karpet. Hal ini akan sangat bahaya jika muncul banyak bakteri akibat karpet kotor dan lembap. Sehingga untuk menjaga karpet dari bakteri, karpet juga harus dijemur di bawah matahari langsung agar mengurang kelembapan yang disukai oleh bakteri. Jika Anda malas mencucinya, sekarang sudah banyak tempat jual karpet masjid di Depok maupun kota lain yang juga menerima jasa cuci karpet masjid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *