5 Tips Cerdas Memulai Usaha Restoran di Surabaya

Usaha kuliner memang selalu menjadi usaha yang menggiurkan. Apalagi bagi Anda yang mempunyai hobi memasak, maka hal tersebut bisa saja Anda kembangkan menjadi hobi yang menghasilkan penghasilan.Salah satu usaha yang bisa Anda coba yaitu membuka usaha restoran atau rumah makan. Karena usaha restoran atau rumah makan ini termasuk bisnis yang sangat menguntungkan dan menjanjikan.

Tips Cerdas Memulai Usaha Restoran

Tantangan dalam bisnis restoran ini adalah bagaimana makanan yang Anda tawarkan bisa laku dan disenangi oleh konsumen. Nah mulailah disini peran Anda untuk membuat suatu inovasi dan kreativitas yang tinggi supaya bisnis restoran yang Anda jalankan bisa menjadi salah satu restoran yang terunik dan terkenal khususnya di Surabaya.

Berikut 5 tips yang dapat Anda lakukan untuk memulai dan sukses dalam restoran Anda

  1. Menu Makanan dan Persiapan Bahan Baku

Ya, menu makanan adalah poin penting dalam suatu bisnis restoran. Sebab, menu ini akan menentukan semuanya. Pikirkanlah menu apa yang akan Anda buat. Anda dapat mencoba menu yang sedang populer dan yang paling laris di Surabaya. Bisa jadi seperti makanan khasnya ataupun yang lainnya. Pikirkan untuk kreatif terhadap segala hal.

Dan mulailah berinovasi tinggi dalam memilih menu yang akan Anda buat. Untuk bahan baku Anda bisa melakukan kerjasama terhadap supplier. Pastikan kualitas bahan baku harus baik, karena itu akan mempengaruhi cita rasa masakan yang Anda buat.

  1. Lokasi Restoran dan Survey Pasar

Lokasi merupakan salah satu kunci kesuksesan sebuah usaha, termasuk usaha restoran. Pilihlah lokasi yang banyak keramaian , karena itu merupakan lokasi yang sangat strategis untuk sebuah bisnis , terlebih lagi bisnis restoran.

Untuk survey pasar dilakukan untuk mengertahui keperluan pelanggan. Mulai dari harga pasaran, pesaing terdekat, dan lain sebagainya. Dengan begitu Anda akan punya gambaran tentang konsep usaha restoran yang akan Anda buat.

  1. Ciri Khas

Sebagian restoran besar dan laris memiliki ciri khas yang unik sehingga restoran tersebut menjadi terkenal. Ciri khas akan menambah daya tarik tersendiri bagi restoran Anda. Pelanggan akan mudah menemukan restoran Anda bila memilki ciri khas yang unik. Misanya , Anda bisa memakai nama yang unik pada makanan ataupun menu yang Anda buat.

  1. Pelayanan yang Baik

Pelayanan akan sangat berdampak pada konsumen.Pelayanan juga merupakan kunci keberhasilan sebuah usaha . Karena percuma saja bila pembeli ramai tapi pelayanan mengecewakan , akan membuat pembeli berpikir dua kali untuk makan di restoran Anda lagi.

Jadi pertama, Anda bisa memulainya dengan memilih karyawan yang baik dan berdedikasi. Karena karyawan merupakan indikator apakah restoran Anda memuaskan atau tidak.Jadi berilah pelanggan dengan pelayanan yang baik. Karena pembeli itu adalah raja.

  1. Fasilitas yang Memadai

Fasilitas juga sangat penting. Mulai dari fasilitas AC, kamar mandi yang bersih, saluran pembuangan yang bersih, dapur yang bersih , air yang bersih, dan jangan lupa listrik juga merupakan faktor penunjang lainnya. Jika hanya mengandalkan PLN, kita tidak bisa memprediksi kesalahan dan gangguan yang akan terjadi .

Untuk mengantisipasi kita bisa menggunakan genset. Dengan adanya genset kita tidak perlu lagi merasa was-was terhadap mati lampu. Sekarang ini juga sudah banyak orang yang jual genset diesel di Surabaya dan yang jual genset yanmar 10 kva , yang mana itu adalah salah satu genset paling efektif untuk restoran.

About The Author