Mengapa UKM Memerlukan Desain Logo Profesional?

Posted on

Ketika mengawali sebuah perusahaan, atau hanya meluncurkan product baru, pasti Anda juga mesti mengayalkan rangkaian promosi untuk memperkenalkan product & layanan Anda ke penduduk luas. Akan tetapi, tidak seluruh orang jelas dapat hal ini. Malah, seringkali promosi jadi hal paling paling akhir yang prioritaskan. Termasuk soal desain logo.

Desain Logo Sembarangan? No Way.
Banyak kami jumpai usaha kecil dan menengah memakai identitas usaha apa adanya. Sejujurnya, hal ini terlampau disayangkan, karena dibandingkan bersama dengan sebuah usaha yang besar, usaha kecil dan menengah justru lebih membutuhkan sebuah trik promosi yang efektif.  Logo usaha kecil menengah mesti cocok bersama dengan bisnisnya dan tidak boleh asal-asalan.

Oleh karena itu, hindari hal-hal selanjutnya supaya usaha Anda tidak terkesan tidak cukup profesional.

1. Menggunakan Logo yang Asal-asalan

Contoh logo di atas merupakan logo perihal edukasi hewan peliharaan K9 Compassion Foundation. Pada mulanya logo dibuat begitu rumit dan susah dipahami, mengfungsikan elemen yang terkesan dipaksakan, terkandung karakter manusia dan anjing tengah bermain. Namun mengfungsikan ilustrasi yang kaku, supaya total logo jadi aneh dan tidak profesional.

Sedangkan logo di sebelah kanan merupakan misal redesign logo K9 Compassion Foundation yang nampak lebih sederhana, jelas, dan profesional. jadi, Logo bukan hanya lambang untuk penanda sebuah usaha, tapi lebih dari itu, logo dapat bisa mencerminkan kepribadian sebuah usaha.

2. Logo Kontras bersama dengan Usaha

Logo selanjutnya merupakan logo Olimpiade London 2012 yang banyak beroleh sindiran perihal desain yang kontras dan membingungkan. Desain logo memakai warna yang mencolok dan elemen bidang yang bersudut dan lancip, dinilai logo selanjutnya serupa sekali tidak membawakan personal negaranya dan tidak melukiskan stimulus olimpiade dibandingkan logo-logo olimpiade sebelumnya..

3. Menggunakan Clipart dari Internet

Tidak jarang bagi pelaku usaha baru/awam, melacak referensi yang dapat digunakan sebagai identitas usahanya melalui internet. Hasilnya mereka mendapatkan gambar yang mereka sukai, selanjutnya secara mentah-mentah menggunakannya sebagai identitas usaha.

4. Tidak Menggunakan Software Desain

Hal ini merupakan suatu hal yang lucu dan aneh. Menambahkan garis-garis, lingkaran, maupun efek postingan mengfungsikan aplikasi bukan untuk mendesain, seperti Microsoft Word merupakan favorit kebanyakan bagi mereka yang menilai jasa desain mahal dan mengfungsikan langkah pintas untuk mengakibatkan logo sendiri.

5. Menjiplak Logo yang Sudah Ada

Logo-logo populer seperti Starbucks Coffee, merupakan salah satu logo usaha yang baik dan efektif, pasti banyak orang terinspirasi bersama dengan penampilan logo tersebut. Logo yang baik pasti dari hasil karya tangan desainer yang profesional, supaya jangan sekali-kali menjiplak logo yang udah tersedia untuk digunakan sebagai identitas usaha baru Anda, karena hak cipta dari logo-logo selanjutnya dapat menuntut Anda, bila Anda mengfungsikan logo selanjutnya tanpa tersedia ijin sebelumnya.

Dalam mengakibatkan sebuah desain logo usaha mesti tersedia lebih dari satu beberapa syarat spesifik supaya tampil efektif dan profesional. Nah, Berikut lebih dari satu komitmen dasar sebuah logo profesional diciptakan.

Prinsip Dasar Logo Desain yang Efektif
1. Logo Harus Sederhana

Kesederhanaan merupakan beberapa syarat utama dalam sebuah logo. Logo desain yang mengfungsikan elemen bentuk serta warna yang simple dapat ringan diingat, dikenal, dan serbaguna. Ketika Anda mengakibatkan sebuah logo, Anda juga mesti mempertimbangkan bagaimana logo selanjutnya dapat digunakan di sarana lain.

Pertimbangkan pula jika diperkecil hingga skala spesifik tetap bisa terbaca bersama dengan jelas atau tidak. Apabila Anda inginkan mengfungsikan logo di media digital seperti website, mencermati kecocokan logo selanjutnya bersama dengan penampilan situs Anda.

2. Logo Harus Mudah Diingat

Seperti halnya logo-logo populer dunia yang senantiasa berkelanjutan dalam branding bersama dengan desain logo yang minimalis tapi kuat dalam mencitrakan perusahaannya. Karena sebuah logo minimalis yang unik, dapat ringan menarik perhatian dan diingat konsumennya.

3. Logo Harus Bertahan Lama

Logo Coca Cola bersama dengan ciri khas lettering meliuknya terlampau sukses dalam membangun merk untuk product minuman bersoda ini. Konsisten dari awal tahun 1886 mengfungsikan lettering “COCA COLA” , hingga hingga saat ini logo usaha selanjutnya semakin dikenal di bermacam belahan dunia.

Begitu juga bagi Anda yang inginkan mendesain sebuah logo mesti mengayalkan jaman depan perusahaan. Jangan hingga pertumbuhan tren desain yang cepat beralih ini, dapat menggoyahkan penampilan logo Anda dan membawa efek negatif citra perusahaan. Seperti logo Instagram yang belakangan ini dibicarakan, karena dinilai penggemarnya logo saat ini terlampau buruk, bersama dengan penampilan yang full color. Padahal penggantian logo punya tujuan untuk tampil lebih modern.

4. Logo Harus Serba Guna

Logo efektif mesti bisa dan ringan digunakan dalam bermacam sarana dan aplikasi. Seperti logo yang mengfungsikan gradasi warna, transparan warna, maupun bersifat 3 dimensi logo, dapat sulit jika diaplikasikan ke sarana cetak. Untuk itu logo yang baik mesti bisa bertransformasi ke dalam bentuk sederhana, yaitu hitam putih.

Karena tersedia lebih dari satu logo yang nampak baik di sarana digital seperti website, nampak tidak baik dikala dipasangkan di sarana cetak misalnya kartu nama, kop surat, dll.

5. Logo Harus Sesuai

Toys R Us, World Wildlife Federation dan Amazon adalah misal desain logo yang bisa menerjemahkan produk/jasa dalam bentuk penampilan grafis. Hal ini merupakan bagaimana logo Anda bisa membaca tujuan pasar dari product Anda. Apakah bertujuan untuk anak-anak, dewasa, maupun orang tua. Di bidang usaha ke arah feminin ataukah maskulin, bersifat fun maupun serius.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, usaha kecil dan menengah justru jauh lebih membutuhkan sebuah logo perusahaan. Mengapa? Berikut adalah penjelasan singkatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *