Isi surat lamaran kerja sekarang makin buruk?

Posted on

Kebanyakan pelamar kerja dilaporkan banyak kehilangan peluang diterima sebab buruknya mengisi surat lamaran mereka. Berbagai kesalahanseperti ejaan dan isyarat baca, detail yang tidak penting, dan hal lainnya dijadikan sebagai ukuran mutu sebuah surat lamaran kerja.

Seperti yang dilansir dari Indiatimes (03/09), sebuah penelitian teranyar menyatakan tersedia pula surat lamaran kerja yang mencantumkan keahlian yang tidak berhubungan bersama jabatan yang diincar. Sebut saja origami (seni melipat kertas) sampai kemampuan menemani anak tidur selama 100 hari berturut-turut.

Lihat Juga : Contoh Surat Lamaran Kerja

Informasi aneh dan tak masuk akal lain didalam surat lamaran kerja adalah ukuran telinga pelamar. Entah berniat sungguh-sungguh atau tidak, tetapi surat lamaran kerja yang seperti itu memang amat ada. Peneliti dari situs Monster.co.uk pun udah melaksanakan survey pada 255 pemimpin yang mengatasi penerimaan karyawan di perusahaan.

Hasil menarik lain dari penelitian ini adalah sebanyak 71% pemimpin terasa kesal dan kecewa mengenai mengisi surat lamaran kerja yang buruk tersebut. Sebesar 43% pemimpin apalagi menyatakan mengisi surat lamaran kerja pelamar tergolong amat membingungkan.

Rupanya, pelamar kerja yang berusia 22-30 tahun adalah pelaku dari pembuat surat lamaran kerja yang tidak cukup bermutu ini. Meskipun memang mereka punyai kemampuan yang memadai, tetapi buruknya surat lamaran kerja akhirnya sebabkan pelamar gagal diterima. Sayang sekali ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *