Alat Pemadam Api Berat – APAB

Posted on

Alat Pemadam Api Berat atau disingkat APAB merupakan alat pemadam api yang punyai ukuran diawali dari berat 20Kg sampai dengan berat 100Kg. APAB dilengkapi dengan dua roda yang berguna untuk memudahkan perpindahan atau pergerakan tabung. Alat Pemadam Api Berat benar-benar perlu dipersiapkan untuk lokasi dengan potensi kebakaran yang lumayan besar seperti tempat sekolah, rumah ibadah, tempat pengisian bensin (SPBU), pabrik, gudang, kantor pos, kantor, kompleks perumahan, mall dan lainnya.

Alat Pemadam Api Berat – APAB
APAB sebetulnya punyai komitmen kerja yang serupa dengan APAR atau Alat Pemadam Api Ringan. Namun APAB diperuntukan untuk tempat yang lebih luas (50m) dibandingkan cuma sebuah dapur atau lingkungan yang sempit. Dikarenakan dari ukurannya APAR punyai ukuran diawali dari 1kg-9kg sedangkan APAB punyai ukuran dari 20kg-100kg. Dengan ukuran berat yang lebih dari APAR maka APAB dapat untuk memadamkan kebakaran yang lumayan besar. Dalam penggunaannya APAB sebaiknya dilaksanakan oleh dua orang atau lebih.

Isi atau fasilitas dari APAB terdiri dari Foam AFFF (Aqueoues Film Forming Foam) dan Dry Chemical Powder. Umumnya APAB digunakan pula untuk memadamkan kebakaran hutan. Dengan mengisi yang banyak maka APAB dapat mendukung memadamkan api penyebab kebakaran hutan tanpa menyebabkan kerusakan tanah dan meninggalkan residu. Untuk Foam AFFF dapat memadamkan tipe api A (Benda Padat), B (Benda Cair), dan D (Logam). Untuk Dry Chemical Powder dapat memadamkan jenis api A, B dan C (Benda Gas).

Foam AFFF punyai tingkat efektif yang tinggi untuk memadamkan zat cair yang terbakar, namun punyai sifat kondusif atau dapat menghantarkan listrik. Dry Chemical Powder merupakan fasilitas yang berupa bubuk kimia kering dan non toxic atau tidak beracun bagi manusia, hewan dan tumbuhan. Perbedaannya Dry Chemical Powder tidak menghantarkan listrik dan bubuk pertikelnya dapat menghambat panas.

Umumnya tersedia 2 sistem tekanan yang digunakan terhadap APAB yaitu Catridge System dan Stored Preassure System. Kedua sistem ini punyai kelebihan serta kekurangan yang dapat anda baca dibawah ini.

Alat Pemadam Api Berat – Catridge System
Catridge System merupakan alat pemadam api yang mengfungsikan catridge sebagai alat yang menambahkan tekanan untuk mengeluarkan fasilitas yang berada di dalam tabung pemadam. Umumnya mengisi dari catridge adalah Carbon Dioksida CO2. Catridge yang diletakan di dalam tabung benar-benar aman dan akan berguna selagi tabung pemadam api digunakan.

Membran catridge yang telah robek akan mengeluarkan tekanan gas ke tabung pemadam dan akan mendorong fasilitas tabung dari dalam sampai muncul dari tabung. Untuk tabung dengan Catridge System lebih gampang untuk dilaksanakan mengisi ulang, dikarenakan gas pendorong selamanya terkunci di dalam catridge. Hal berikut terhitung menyebabkan minimnya berjalan penggumpalan fasilitas tabung pemadam.

Namun kelemahan dari Catridge System adalah tidak diketahui secara tentu angka tekanan di dalam tabung. Periksakan selamanya tabung pemadam api tiap-tiap bulan dan pemeriksaan secara kesuluruhan tiap-tiap 1 tahun. Umumnya selamanya berjalan penggumpalan fasilitas dan turunnya tekanan gas di dalam catridge. Catridge system terhitung cuma dapat digunakan 1 kali dikarenakan tekanan gas akan menyusut meskipun anda cuma sedikit memakainya.

Alat Pemadam Api Berat – Store Pressure System
Lain halnya dengan Catridge System jenis ke dua ini merupakan Store Pressure System yang mengfungsikan cara mengisi tekanan secara segera ke dalam tabung dengan menaikkan tekanan gas tanpa mengfungsikan catridge. Cara kerjanya adalah dengan terhubung katup disaat melakukan tekanan gas ke dalam tabung dan menutup kembali katup disaat tekanan gas di dalam tabung telah cocok dengan standar.

Dikarenakan mengfungsikan Store Pressure System maka tabung pemadam api yang anda mengfungsikan dapat dikontrol pemakaiannya. Tabung pemadam api ini terhitung dapat anda mengfungsikan beberapa kali dengan fasilitas Powder dan Foam. Namun selamanya memperhatikan tekanan terhadap tabung sebelum anda menggunakannya (sebaiknya jarum wejangan di tempat hijau).

Kelemahan Store Pressure System adalah misalnya tekanan gas tidak mengfungsikan N2 maka tabung pemadam perlu diangkat terbalik tiap-tiap bulannya demi menghindari terjadinya penggumpalan fasilitas di dalam tabung (Powder).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *