Pengertian Aplikasi dan Sejarah Perkembangan Aplikasi

Posted on

Aplikasi mampu diartikan sebagai suatu program berupa perangkat lunak yang terjadi terhadap suatu sistem tertentu yang berfungsi untuk membantu berbagai kegiatan yang dilakukan oleh manusia. Selain pengertian di atas, tersedia banyak pengertian dari kata ‘Aplikasi’ yang dikemukakan oleh para ahli. Berikut ini lebih dari satu definisi aplikasi menurut lebih dari satu pakar yang memadai terkenal :

Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli

1. Ali Zaki dan Smitdev Community
Menurut Ali Zaki dan Smitdev Community, Aplikasi merupakan komponen yang berfungsi sebagai sarana untuk menggerakkan pengolahan information ataupun berbagai kegiatan lainnya layaknya pembuatan ataupun pengolahan dokumen dan file.

2. Sri Widianti
Menurut Sri Widianti, Aplikasi merupakan sebuah software (perangkat lunak) yang bertugas sebagai front end terhadap sebuah sistem yang dipakai untuk mengelolah berbagai macam information agar jadi sebuah Info yang berfungsi untuk penggunanya dan juga sistem yang berkaitan.

3. Harip Santoso
Menurut Harip Santoso, Aplikasi merupakan sebuah group file (class, form, report) yang bertujuan sebagai pengeksekusi kegiatan tertentu yang saling mengenai layaknya contohnya aplikasi payroll dan aplikasi fixed asset.

4. Yuhefizar

Menurut Yuhefizar, Aplikasi adalah program yang sengaja dibuat dan dikembangkan sebagai pemenuh kebutuhan penggunanya dalam menggerakkan suatu pekerjaan tertentu.

5. Hengky W. Pramana
Menurut Hengky W. Pramana, pengertian aplikasi adalah satu unit perangkat lunak yang sengaja dibuat untuk memenuhi kebutuhan akan berbagai kegiatan ataupun pekerjaan, layaknya kegiatan perniagaan, periklanan, pelayanan masyarakat, game, dan berbagai kegiatan lainnya yang dilakukan oleh manusia.

Sejarah Perkembangan Aplikasi
Sebelum aplikasi pertama di dunia ditemukan, tersedia sejarah yang terlalu panjang dalam sistem ditemukannya aplikasi. Jauh sebelum akan aplikasi yang tersedia terhadap computer mampu terjadi secanggih saat ini, seluruh perangkat lunak (software) selalu mengandalkan aljabar Boolean. Aljabar ini pakai kode binary digit (bit) yang terdiri dari du angka yaitu 1 (benar/on) dan 0 (salah/off). Rumitnya (terlalu panjang) pemakaian kode binary digit ini sebabkan orang-orang terhadap saat itu jadi sebabkan kelompok-kelompok bit yang terdiri dari nible (4 bit), byte (8 bit), word ( 2 byte), dan doubel word (32 bit).

Hadirnya kelompok-kelompok bit ini terbilang memadai membantu dalam berbagai kegiatan yang dilakukan di perangkat lunak komputer. Dengan berbagai group bit yang tersedia terhadap saat itu, orang-orang jadi merakit kode-kode tersebut jadi berbagai struktur instruksi layaknya transfer, operasi logika, dan penyimpanan, sampai terhadap akhirnya terbentuklah kode-kode baru yang kita kenal dengan nama assembler. Kode-kode assembler ini lah yang nantinya jadi cikal-bakal dibuatnya berbagai macam aplikasi yang saat ini mampu mempermudah berbagai kegiatan manusia.

Itulah lebih dari satu pengertian aplikasi beserta sejarah pertumbuhan aplikasi di dunia teknologi. Hingga saat ini, aplikasi terus berkembang pesar sejalan dengan pesatnya pertumbuhan di dunia teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *